parallax background

Prodi S1 Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Pendidikan Ganesha

Visi :

 

Menjadi Prodi yang Unggul Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana dalam Pengembangan SDM pada Bidang Pendidikan Bahasa Inggris di Asia pada Tahun 2045

 

Histori Prodi :

Sejarah pendirian prodi Pendidikan Bahasa Inggris terkait dengan sejarah perkembangan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Sejarah Universitas Pendidikan Ganesha, dimulai pada tahun 1955, Pada saat itu, di Singaraja didirikan Kursus B-I Bahasa Indonesia untuk mempersiapkan guru sekolah menengah atas (SMA). Kursus tersebut menjadi bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Airlangga dan FKIP Universitas Udayana. Sejalan dengan kebijakan pemerintah melalui SK Presiden Nomor 1 Tahun 1963, FKIP Universitas Udayana dilepas dan diintegrasikan pada Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang, menjadi IKIP Malang cabang Singaraja. Pada tahun 1968, IKIP Malang cabang Singaraja kembali diintegrasikan ke Universitas Udayana menjadi dua fakultas, yaitu Fakultas Keguruan (FKg) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Langkah ini diambil karena adanya kebijakan pemerintah untuk mengintegrasikan kembali semua IKIP cabang di Indonesia ke universitas atau institusi negeri yang terdekat. Kebijakan ini tertuang dalam SK Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Nomor 161 tahun 1967.

Mengacu pada kebijakan baru pemerintah dalam penataan kembali Universitas dan Institut Negeri Indonesia yang tertuang pada Peraturan Pemerintah Nomor 5 tahun 1980, Peraturan Pemerintah Nomor 27 tahun 1981, dan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0174/0/1983, dan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 62 tahun 1982 pada tanggal 12 Februari 1983, Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Udayana dilebur menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Udayana. Dalam perkembangannya, berdasarkan surat Keputusan Presiden nomor 8 Tahun 1993 tanggal 16 Januari 1993, secara resmi menyatakan perubahan FKIP Universitas Udayana menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singaraja. Berdasarkan Keputusan Presiden nomor : 19 Tahun 2001 tanggal 5 Pebruari 2001 STKIP Singaraja disetujui berubah menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP Negeri Singaraja). Perkembangan besar di lembaga ini terjadi setelah 11 diterbitkan Perpres Nomor : 11/2006 yang mengubah status IKIP Negeri Singaraja menjadi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Prodi Pendidikan Bahasa Inggris telah dibentuk dibawah Fakultas Keguruan Universitas Udayana tahun 1979. Sejak saat itu, prodi Pendidikan Bahasa Inggris tetap konsisten berdiri dan mencetak tenaga pengajar Bahasa Inggris dan terus berkembang, seiring dengan perkembangan Universitas Pendidikan Ganesha.

Keunggulan dan Keunikan Prodi :

Prodi pendidikan Bahasa Inggris mampu melahirkan lulusan yang tidak hanya memiliki kompetensi pendidikan bahasa inggris tetapi juga memiliki kompetensi lain seperti bidang kewirausahaan dalam bidang pendidikan (edupreneurship), kewirausahaan di bidang pariwisata dan kemampuan menjadi peneliti yang menjawab berbagai masalah di bidang pendidikan Bahasa Inggris, linguistik dan kesusastraan inggris.

 

Prodil Lulusan 

 

Profil Lulusan  


Profesi dan Karier Lulusan


Keunggulan

SDM Profesional

Dosen dan Praktisi berkualifikasi S2 dan S3

Biaya Kuliah Murah

Mulai Dari Rp 500.000 sampai dengan 3.550.000 per semester

Terakreditasi UNGGUL

oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT)

Tempat Kuliah

Di kampus SDP Undiksha Denpasar

Internet

Free WIFI


Testimoni Lulusan