parallax background

Prodi S1 PGSD Universitas Pendidikan Ganesha

Visi :

“Menjadi Program Studi Unggul dalam Bidang Pendidikan Guru Sekolah Dasar Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana di Asia Tahun 2045”.

Histori Prodi  :

Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) merupakan salah satu prodi yang berada di bawah Jurusan Pendidikan Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Program studi PGSD didirikan berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen DIKTI) Nomor 3331/D/T/2006, yang dikeluarkan pada tanggal 1 September 2006. Akan tetapi, keberadaan PGSD sudah dimulai pada tahun 1991 yang dimulai pada jenjang pendidikan Diploma 2 (D2) PGSD. Adapun profil lulusan PGSD adalah sebagai pendidik sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran, serta melaksanakan penelitian berlandaskan tri hita karana. Gelar yang diberikan bagi lulusan program studi PGSD adalah Sarjana Pendidikan (S.Pd.).

            Untuk mencapai profil lulusan, maka pelaksanaan pembelajaran mata kuliah mengikuti metode pembelajaran berbasis SCL yang meliputi Diskusi Kecil (Small Group Discussion), simulasi, bermain peran, Studi kasus (Case Study), dan Pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Untuk mengevaluasi proses dan hasil belajar mahasiswa dalam rangka pemenuhan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) salah satunya dilakukan melalui penilaian. Prinsip penilaian yang dilakukan mengacu pada prinsip a) Edukatif; b) Otentik; c) Objektif; d) Akuntabel; e) Transparan. Sistem penilaian yang diterapkan di program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar terdiri dari penilaian proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar mahasiswa yang dilakukan setiap semester. Penilaian proses pembelajaran mahasiswa setiap semester dilaksanakan melalui aktivitas dengan bobot masing-masing, yaitu: Tugas (40%); Sikap dan Partisipasi (20%);  Ujian Tengah Semester (15%);  dan Ujian Akhir Semester (25%).

Total Beban SKS :

Total beban SKS di Program Studi S1 PGSD FIP Undiksha sebanyak 150 SKS yang ditempuh selama 8 semester (4 tahun). Program percepatan tugas akhir skripsi sudah dimulai dari semester 5 dan 6 dengan membuat proposal skripsi, diberikan pembimbing, kemudiann semester 7 awal seminar proposal dan seminar awal 8 mahasiswa sudah bisa melakukan ujian skripsi. Kurang lebih 30 – 40 mahasiswa setiap tahunnya lulus dengan masa studi pada 3,8 tahun.

Rata-rata Masa Studi :

Rata-rata masa studi lulusan Prodi PGSD di tahun 2020 adalah 4.1 tahun, di tahun 2021 adalah 4.1 tahun, dan di tahun 2022 adalah 4 tahun.

Rata-rata Masa Tunggu :

Rata-rata masa tunggu lulusan Prodi PGSD di tahun 2020 adalah 4,1 bulan, di tahun 2021 adalah 3,2 bulan, dan di tahun 2022 adalah 3 bulan. Bahkan, alumni PGSD sudah bekerja sebelum mereka tamat studi, karena permintaan dari sekolah.

Keunggulan/Keunikan :

Prodi PGSD FIP Undiksha memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan prodi PGSD di kampus lain. Keunggulan PGSD yang pertama adalah PGSD memfasilitasi pengembangan karir mahasiswa dan lulusannya untuk mampu bekerja lebih cepat dan berwirausaha melalui program magang mahasiswa di sekolah penggerak dan sekolah internasional, dan SPK. Adapun sekolah sasarannya adalah SD sekolah berstandar Internasional yakni: Doremi Excellent School dan Don Mariano Marcos Memorial State University (DMMMSU), Philippines, North Bali Bilinggual School (NBBS), SD Taman Rama Jimbaran,  SD Negeri 3 Kedonganan, SD Negeri 3 Sesetan, SD No. 2 Dalung, SDN 4 Bebetin, dan SD No. 3 Jimbaran. Selain itu, pengembangan wirausaha mahasiswa melalui pendampingan oleh Gede Subianta Eka Kresnawan (HIPMI Bali) dan Agoes Budhi Sasmitha (wira usaha muda singaraja). PGSD memiliki 10 kelompok rintisan wirausaha mahasiswa.

Prodi PGSD juga memfasilitasi mahasiswa belajar di Luar Kampus antara lain: KKN Tematik yang diikuti oleh 50 orang mahasiswa yang melakukan kegiatan KKN pada 9 desa mitra di Bali. Selain itu, ada kegiatan pertukaran pelajar. Pertukaran pelajar dengan Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Muhammadiyah Cirebon, dan lain-lain. Mahasiswa semester 3 mengambil mata kuliah yang memiliki CPL yang sama di kampus tujuan dengan mata kuliah yang ditawarkan oleh PGSD.

Untuk pengembangan prestasi mahasiswa, PGSD aktif menyelenggarakan workshop dan pembinaan prestasi mahasiswa sehingga mampu memperoleh hasil di tahun 2022 bahwa mahasiswa mencapai prestasi tingkat internasional dengan 9 medali emas, 5 perak, dan 2 perunggu. Prestasi tingkat nasional dengan 53 prestasi juara 1, 64 prestasi juara 2, dan 34 untuk juara 3, puluhan mahasiswa masuk finalis dalam berbagai even dan belum diumumkan juaranya seperti PKM, PPKOrmawa, PMW, P2MW dan masih banyak lomba lainnya.

Untuk inovasi dosen dan mahasiswa, dikembangkan melalui kegiatan lokakarya karya inovasi dosen secara umum, dan pengembangan draf paten dan paten sederhana untuk para dosen di lingkungan PGSD. Hasil dari kegiatan ini adalah pada tahun 2022 telah dihasilkan 148 Karya hak cipta, telah publish 10 artikel dosen secara internasional dan 51 artikel terbit pada tingkat nasional.

Keunggulan lainnya dari Prodi PGSD adalah Ada 4 dosen PGSD yang sebagai asesor LAM Kependidikan, 3 dosen PGSD sebagai asesor BAN S/M Provinsi Bali, Asesor jurnal, asesor PPG prajab, dan lainnya. Selain itu, 12 orang Dosen PGSD lulus untuk sertifikasi MCE for Technology Literacy for Educators – 21st Century Learning Design. Serta, 20 orang dosen PGSD lulus pelatihan penulis dan editor dan bersertifikat dari BSNP.

 

 

Profil Dosen 


Profesi dan Karier Lulusan


Keunggulan

SDM Profesional

Dosen dan Praktisi berkualifikasi S2 dan S3

Biaya Kuliah Murah

Mulai Dari Rp 500.000 sampai dengan 3.500.000 per semester

Terakreditasi UNGGUL (A) dan AQAS (Internasional)

oleh Lembaga Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT)

Tempat Kuliah

Di kampus SDP Undiksha Denpasar

Internet

Free WIFI


Testimoni Lulusan